fbpx

Amanat World Dance Day 2021

International Theatre Institute (ITI)
World Organization for the Performing Arts

Amanat Hari Tari Sedunia (World Dance Day) 2021

oleh Friedemann Vogel, Jerman
Penari Balet

Semuanya dimulai dengan gerakan-insting yang kita semua miliki-dan tari adalah gerakan yang disempurnakan untuk berkomunikasi. Meskipun teknik yang sempurna itu penting dan mengesankan, pada akhirnya apa yang diungkapkan penari di dalam gerakan itulah yang menjadi esensi.

Sebagai penari, kami selalu bergerak, bercita-cita untuk menciptakan momen tak terlupakan. Terlepas dari genre tarian, itulah yang ingin dicapai oleh setiap penari. Jadi, ketika tiba-tiba, kami tidak diizinkan untuk tampil lagi, dengan teater ditutup dan festival dibatalkan, dunia kami menjadi terhenti. Tidak ada kontak fisik. Tidak ada acara. Tidak ada penonton. Belum pernah dalam sejarah sebelumnya, komunitas tari ditantang secara kolektif untuk tetap termotivasi, untuk menemukan raison d’être (tujuan) kami.

Namun, justru ketika sesuatu yang berharga telah diambil dari kami, kami benar-benar menghargai betapa pentingnya apa yang kami lakukan, dan seberapa besar arti tari bagi masyarakat luas. Penari sering dipuji karena kehebatan fisiknya, padahal sebenarnya kita lebih dapat bertahan karena  kekuatan mental kita. Saya percaya kombinasi unik dari ketangkasan fisik dan psikologis inilah yang akan membantu kita mengatasi, menemukan kembali diri kita sendiri untuk terus menari, dan untuk terus menginspirasi.

Friedemann VOGEL, Jerman
(Penari Balet)


Siapa FRIEDEMANN VOGEL?

“Bintang dunia yang tidak pernah tersesat di bawah kakinya” adalah bagaimana Tanz Magazine menggambarkan Friedemann Vogel ketika mereka memilihnya sebagai “Dancer of the Year” untuk kedua kalinya pada tahun 2019. Tahun berikutnya, German Dance Prize yang bergengsi diberikan kepada penari utama Stuttgart Ballet ini dengan penghargaan “Outstanding Performer”, sebagai pengakuan atas karir internasionalnya yang telah berlangsung lama dengan nama besarnya.

BACA JUGA:  Dibuka Pendaftaran : Workshop Ketubuhan Paradance

Mengingat bagaimana keinginannya menjadi penari sepanjang ingatannya, mungkin tidak mengherankan jika film dokumenter pertama tentang dirinya berjudul “Friedemann Vogel – Incarnation of Dance“. Selama lebih dari 20 tahun, artis pemenang banyak penghargaan ini telah tampil di panggung-panggung yang dihormati di seluruh dunia, dari la Scala di Milan hingga Teater Bolshoi di Moskow juga Festival Balet Dunia di Tokyo, kesemuanya memenangkan hati para kritikus dan penonton. Dirayakan karena penggambarannya yang sangat mengharukan dalam balet dramatis serta penampilannya yang menggetarkan dalam karya yang lebih kontemporer, Friedemann memegang gelar nasional “Kammertänzer” – penghargaan tertinggi untuk seorang penari di Jerman.

Info lebih lanjut: friedemannvogel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *