Dibuka : Magang Nusantara Yayasan Kelola 2018

 

Magang Nusantara

Sebuah program pembelajaran yang dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan menyediakan kesempatan bagi para pelaku seni Indonesia untuk memperdalam pengetahuan dan mengembangkan keahlian dalam bidang manajemen seni, dengan cara bekerja di lembaga-lembaga seni dan budaya terkemuka di Indonesia yang menjadi Organisasi Tuan Rumah (OTR) magang.

 

Manfaat Magang

Melalui program ini, peraih memperoleh kesempatan untuk berada dalam suatu lingkungan kerja yang baru, bersentuhan langsung dengan kegiatan, merasakan budaya kerja, bahkan bekerja sama dengan pakar-pakar terbaik di bidangnya. Selain bisa mengenal dan mempelajari pola kerja yang berbeda, peraih juga bisa membentuk jejaring kerja seni lewat kesempatan pertemuan dengan banyak pelaku maupun organisasi seni lain di tempat magang. Usai program, peraih diharapkan bisa membagikan pengalamannya kepada komunitas seni di tempat asalnya dan menjalin kerja sama dengan mitra-mitra yang menjadi jejaringnya agar kehidupan berkesenian di tempat itu terus tumbuh dan berkembang.

 

Syarat Pelamar
  1.  Berusia antara 23 sampai 35 tahun.
  2. Memiliki minat dan latar belakang di bidang seni.
  3. Pendidikan minimal SLTA/sederajat dengan pengalaman di bidang seni minimal dua tahun.
  4. Memiliki motivasi tinggi untuk belajar, bekerja sama dan mengembangkan jejaring.
  5. Memiliki proyeksi diri untuk bekerja di kesenian pada masa-masa mendatang.
  6. Dapat mengikuti kegiatan magang selama tiga bulan penuh sesuai jadwal yang ditetapkan OTR masing-masing.
  7. Sanggup mengikuti aturan kerja yang ditetapkan oleh masing-masing OTR.
  8. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, bagi pelamar Goethe Institut Jakarta, Japan Foundation, dan Cemeti – Institut Untuk Seni dan Masyarakat.
  9. Pelamar wajib mengajukan OTR di luar kota tempat tinggalnya.

 

Periode Magang

Kegiatan magang dilaksanakan tiga bulan penuh pada kisaran Mei – Desember 2018. Waktu magang tiap OTR berbeda-beda, disesuaikan agenda kegiatan masing-masing OTR. Periode magang tiap Peraih akan dikonfirmasi setelah pengumuman Peraih magang Nusantara.

 

Dukungan dan Fasilitas

Peraih akan mendapatkan bantuan dana untuk biaya transportasi dari kota domisili – kota tujuan OTR PP, akomodasi, konsumsi, transportasi lokal dan asuransi kesehatan.

 

Seleksi

Seleksi dilakukan oleh sebuah tim seleksi independen yang terdiri dari 3 (tiga) orang dengan latar belakang berbagai bidang keilmuan. Tim seleksi akan menominasikan sejumlah pelamar yang kemudian direkomendasikan ke masing-masing OTR.

Tim seleksi berhak merekomendasikan OTR pilihan pelamar apabila kualifikasi pelamar dinilai lebih cocok untuk OTR lain. Pilihan akhir akan dilakukan oleh  OTR  dan  keputusan OTR bersifat final serta tidak bisa diganggu gugat.

Hasil seleksi akan diumumkan paling lambat April 2018 melalui kanal Sosial Media Kelola. Peraih yang terpilih menerima pemberitahuan melalui surat resmi sesuai jadwal masing-masing OTR.

 

Kewajiban Peraih Program Magang Nusantara

Usai periode magang, peserta diwajibkan membuat laporan kegiatan magang yang terdiri dari laporan naratif dan laporan keuangan serta mengirimkan dokumentasi kegiatan magang. Informasi lebih lanjut akan diberikan kepada para peraih program Magang Nusantara.

 

Organisasi Tuan Rumah (OTR) Program Magang Nusantara
  1. Selasar Sunaryo Art Space (SSAS), Bandung

Waktu Magang (Juni – September 2018)

SSAS adalah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang pengkajian dan penyelenggaraan aktivitas seni budaya: seni rupa, sastra, arsitektur, kriya, desain dan seni pertunjukan. Program yang diselenggarakan selalu memberikan penekanan pada pengkajian hubungan antara kegiatan seni rupa dengan masalah-masalah kebudayaan kontemporer secara umum yang dapat diteliti melalui berbagai lintasan disiplin. Posisi magang yang ditawarkan adalah Asisten Manajer Program.

Website: www.selasarsunaryo.com

 

  1. Teater Satu, Lampung

Waktu Magang (Juli – Oktober 2018)

Teater Satu aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan meliputi bidang pendidikan, kebudayaan, kesenian dan sosial dalam bentuk penelitian, diskusi/seminar, pelatihan, apresiasi dan pementasan seni. Melalui media teater atau pertunjukan seni, diskusi, penelitian dan pengembangan seni budaya. Teater Satu berupaya menjadi lembaga kebudayaan yang profesional dan terus menerus menumbuhkan apresiasi seni dan budaya masyarakat. Teater Satu menawarkan magang di bidang keaktoran dan penulisan naskah lakon.

Website: http://teatersatulampung.org

 

  1. The Japan Foundation, Jakarta

Waktu Magang (September – Desember 2018)

Merupakan lembaga nirlaba semi pemerintah Jepang yang khusus bergerak di bidang Pertukaran Seni & Budaya, Pertukaran Intelektual & Pengembangan Studi Jepang, serta pengajaran bahasa Jepang. Menawarkan magang di bagian budaya untuk membantu melancarkan proses administrasi kegiatan dengan syarat mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris .

Website: www.jpf.or.id

 

  1. Goethe Institut Jakarta

Waktu Magang (September – November 2018)

Goethe-Institut sebuah organisasi nirlaba yang bertugas melestarikan bahasa Jerman dan memacu peningkatan kerjasama budaya secara internasional. Bagian budaya Goethe-Institut berperan memajukan pengetahuan, pemahaman dan apresiasi terhadap kebudayaan Jerman, dengan mengadakan pameran, pertunjukan budaya dan diskusi seni. Bagian ini menerima peraih magang dalam pengorganisasian program-program budaya yang didatangkan dari Jerman ke Jakarta. Diantaranya dua festival film dan project lain yang memungkinkan pemagang bekerja langsung sebagai bagian dari tim.

Website: www.goethe.de/jakarta

 

  1. Cemeti – Institut untuk Seni dan Masyarakat, Yogyakarta

Merupakan lembaga nirlaba yang menaruh perhatian utama pada stimulasi praktik kerja kesenian, wacana dan manajemen seni dengan penekanan pada pentingnya regenerasi pekerja seni profesional. Hingga saat ini Cemeti menjadi salah satu dari sedikit institusi seni profesional dan berkelanjutan di Indonesia. Cemeti menawarkan 2 posisi yaitu;

  1. Pengarsipan (residensi & dokumentasi Cemeti secara umum)

Waktu Magang                : September – November 2018

Pemagang tidak hanya akan mengalami praktik kerja ini, tetapi juga secara aktif turut menyelami, mengkritisi, dan memberi sumbangan pemikiran terhadap cara kami memperlakukan, menyikapi dan mengelola arsip sebagai aset produksi pengetahuan.

Syarat khusus:

  • Tertarik pada eksperimentasi terhadap persilangan, lintasan, dan percampuran arsiran divisi praktik kerja kesenian konvensional.
  • Mampu mengoperasikan kamera foto (SLR digital) dan Handycam.
  • Mampu mengoperasikan software editing minimal untuk foto Photoshop dan atau keahlian ekstra (tidak harus) berupa editing video (Adobe Premiere).
  1. Asisten Manager Produksi

Waktu Magang                : Juli – September 2018

Cemeti membuka peluang bagi keterlibatan peserta Magang Nusantara 2018 untuk terlibat dalam perhelatan proyek yang menciptakan dialog diantara para warga Asia mengenai gagasan, budaya, dan wacana seni kontemporer di wilayah ini dan sekitarnya melalui perspektif dan konteks praktik seni rupa dan pertunjukan. Proyek tersebut akan bersifat interdisiplin, melibatkan seniman, peneliti, kurator, produser, dan pengelola kesenian untuk membangun platform pertukaran yang secara khusus mengolah isu-isu penting yang kerap hadapi di dalam praktik kerja seni di Asia.

Syarat khusus:

  • Tertarik pada eksperimentasi terhadap persilangan, lintasan, dan percampuran arsiran divisi praktik kerja kesenian konvensional.

Website: www.cemeti.org

 

Cara mengajukan lamaran

Pengajuan lamaran Magang Nusantara 2018 dapat dilakukan dengan metode sebagai berikut:

  • Mengisi Formulir via E-mail:
  1. Kunjungi link Dropbox berikut Formulir Magang Nusantara 2018
  2. Unduh / download Pedoman dan Formulir Magang Nusantara 2018.
  3. Baca Pedoman Magang Nusantara dengan seksama.
  4. Pelamar OTR asing; Goethe-Institut dan Japan Foundation, WAJIB mengunduh Form MN 2018_English dan mengisinya dalam Bahasa Inggris.
  5. Pelamar OTR Selasar Sunaryo Art Space, Teater Satu dan Rumah Seni Cemeti dapat mendaftar dengan mengisi formulir berbahasa Indonesia.
  6. Kirim formulir beserta CV (Curriculum Vitae) ke email: magang@kelola.or.id
  7. Batas akhir penerimaan formulir serta pengiriman berkas lamaran tanggal 23 Februari 2018.

 

Kontak Person

Untuk informasi lebih lanjut dan terperinci, silakan menghubungi Kelola melalui telepon: 0217590 64 99 atau e-mail: magang@kelola.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *