fbpx

JAGAD JAWA: A REPERTOIRE  OF ANTER ASMOROTEDJO

“JAGAD JAWA”

“Pernahkah kita mengambil waktu untuk berdiam dan melihat kembali jejak-jejak masa lalu? Mengurai ingatan, mensyukuri perjalanan, dan mempersiapkan batin untuk melanjutkan langkah tanpa melupakan akar.”

Pertanyaan di atas adalah salah satu pertanyaan sumber yang mendorong koreografer Anter   Asmortedjo menyusun karya besarnya yang akan digelar di penghujung tahun ini. Bali Jawi dipilih sebagai tajuk dari repertoar akbar dari seorang Anter Asmorotedjo dengan maksud membawa khalayak untuk “kembali” ke kesadaran dan kebijaksanaan asal usul tanah Jawa di alam semesta ini. Tahun 2022 menjadi pijakan pertama Anter memulai repertoar akbar yang pastinya akan digelar setiap tahun untuk menceritakan akar yang tak terlupakan.

Anter Asmorotedjo, adalah seorang   seniman   tari   yang   telah   memulai   perjalanan berkeseniannya sejak usia 8 tahun. Lahir di Yogyakarta, di lingkungan pusat perkembangan seni dan kebudayaan Jawa, membentuk Anter menjadi sosok yang memegang kuat akar-akar budaya Jawa. Sebagai manusia Jawa, ia tentu adalah seorang manusia yang menjalani prinsip dan gaya budaya Jawa, dan kesadarannya sebagai seniman yang Jawa, terus “memanggilnya” untuk mendalami sejarah  peradaban  Jawa  dari  masa  lalu,  bahkan  sejak  sebelum  masa penciptaan manusia dan menuangkannya ke dalam karya.

Di tahun pertama ini, Bali Jawi mempersembahkan repertoar yang diberi judul “Jagad Jawa”. Menggandeng para penari dan tim yang telah berproses bersama-sama dengan Anter Asmorotedjo dalam kurun waktu yang tentunya tidak singkat.

Secara keseluruhan, pertunjukan ini digarap dengan menyatukan buah-buah pikiran Anter Asmorotedjo sendiri sebagai koreografer, sutradara, dan penari bersama dengan komposer Yogyakarta, Boedhie Pramono. Boedhie adalah musisi yang namanya cukup kerap muncul di berbagai pertunjukan tari karya-karya koreografer Yogyakarta.

Bali Jawi, akan menjadi sebuah pertunjukan yang kuat dan penuh kesan, memadukan tari dengan berbagai unsur pertunjukan baik itu musik, seni rupa maupun videografi.

BACA JUGA:  Memahami dan Mengisi Ruang Gerak dalam Paradance #16

Bali Jawi: A Repertoire of Anter Asmorotedjo ini akan dilangsungkan di Gedung

Societet Militair, Taman Budaya Yogyakarta pada hari Selasa, 13 Desember 2022 pukul

20.00 WIB. Reservasi tiket terbuka bagi siapapun yang ingin hadir dan dapat diakses melalui link pada bio instagram @balijawi atau bisa langsung mengunjungi website Bali Jawi.

Narahubung:

Tirza Ong |  tirza@protonmail.com  | (+62) 812 2670 8004

Desain tanpa judul 8 | JAGAD JAWA: A REPERTOIRE  OF ANTER ASMOROTEDJO