fbpx

MAWAYANG 2021 : Seminar dan Festival Wayang Kancil

Balai Budaya Minomartani (BBM), didukung program Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, akan menggelar MAWAYANG 2021. Mawayang adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan BBM sebagai partisipasi dalam merayakan dan memaknai Hari Wayang Nasional (7 November) sejak 2019. Hari Wayang Nasional sendiri telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sejak 2018 dengan mengambil tanggal 7 November, yaitu tanggal turunnya keputusan UNESCO yang mengakui dan mencantumkan Wayang Indonesia sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Rangkaian kegiatan MAWAYANG sendiri memang relatif sama dibanding tahun-tahun sebelumnya yaitu melibatkan unsur pergelaran dan unsur wacana/pendidikan. Pada Mawayang 2021 kali ini terdapat dua mata acara yaitu Webinar (Seminar daring) dan Festival Wayang Kancil.

Mengolah dan Memaksimalkan Fabel.

Pada sesi webinar yang akan dilaksanakan pada 28 Oktober nanti, Mawayang akan mengangkat tema “Menggali Fabel Nusantara”. Kali ini memang BBM masih setia mengkampanyekan keberadaan dan pengembangan wayang kancil. Wayang Kancil sendiri adalah salah satu varian seni wayang kulit yang mengangkat cerita binatang (fabel) dengan tokoh utama adalah binatang kancil (pelanduk). BBM memiliki kesejarahan yang cukup panjang terkait wayang kancil, sebab sejak berdiri pada 1990, BBM telah menjadi salah satu tempat di mana Ki Ledjar Subroto (alm), sang maestro yang gigih menghidupkan kembali wayang kancil, aktif berpentas dan mengajarkan pada beberapa dalang muda.

Webinar Mawayang 2021 akan menghadirkan tiga pembicara dari disiplin ilmu yang berbeda-beda. Riris Purbasari, arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah akan hadir membincang relief-relief binatang di beberapa candi. Sementara ibu Sri Ratna Sakti Mulya, dosen dan filolog dari Sastra Jawa UGM akan membahas Serat Kancil, sebuah naskah sastra jawa kuna yang ada di koleksi perpustakaan Kadipaten Pakualaman. Pembicara ketiga, Ign Nuryanta Putra yang adalah dosen Prodi Pedalangan ISI Yogyakarta akan membahas perihal pengembangan pakeliran wayang kancil. Webinar ini akan dilangsungkan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan juga disiarkan live di kanal Youtube Balai Budaya Minomartani.

BACA JUGA:  A Story of Wounds: Drama Dinamika Psikologis Korban dan Pelaku KDRT

Kancil bersuara perempuan.

Semangat menghidupkan kembali Wayang Kancil terus dipupuk di BBM, maka wajar jika pada Mawayang 2021 ini pun BBM masih memberikan karpet merah untuk jenis pertunjukan ini dengan menggelar Festival Wayang Kancil sebagai puncak acara Mawayang 2021. Tetapi akan ada yang unik pada Festival Wayang Kancil Mawayang 2021 nanti, yakni kita akan mendengar si tokoh kancil dengan suara perempuan. Dalang memang lazimnya (kebanyakan) adalah seorang laki-laki, tetapi juga bukan sepenuhnya asing jika ada dalang perempuan. Sejak masa sejarah terutama di masa Mataram, ada tokoh legendaris Nyi Panjang Mas, seorang dalang perempuan yang juga dekat dengan kerumitan konflik di istana Mataram. Pun hingga tahun 2021 ini masih ada di beberapa wilayah kita menemukan dalang perempuan.

Mawayang, tidaklah sebuah kegiatan yang melulu soal merayakan Hari Wayang, tetapi berusaha memaknainya dengan langkah-langkah yang strategis bagi kelestarian dan pengembangan seni budaya tradisi ini. Oleh karena itu, di Mawayang 2021, BBM mengundang dalang-dalang perempuan dari generasi terbaru. Ada 7 dalang perempuan yang akan tampil nanti dengan variasi usia yang beragam mulai dari dalang anak, remaja hingga dewasa yang sudah cukup profesional. ini bertujuan untuk memberikan dukungan (spotlight) pada generasi baru pedalangan perempuan dan juga meyakinkan masyarakat bahwa perempuan mendalang juga sama bagusnya dengan dalang laki-laki.

Festival Wayang Kancil ini akan diselenggarakan pada 6-7 November secara daring melalui kanal Youtube Balai Budaya Minomartani. Informasi lengkap bisa menghubungi akun instagram @balaibudayamino.

JADWAL KEGIATAN MAWAYANG 

  1. WEBINAR : Menggali Fabel Nusantara

28 Oktober : jam 10.00 – 12.00 WIB

ZOOM MEETING ID : 240 320 2112 | password : MAWAYANG21

YOUTUBE STREAMING : Balai Budaya Minomartani

BACA JUGA:  Mother or Earth, Tinjauan dari Kursi Penonton Mother Earth Produksi Mila Art Dance

Kontak info : Ali Hasan 0856 4374 1942

  1. FESTIVAL WAYANG KANCIL | 

6 November 

  • Elisha Orcarus Allasso | 10.00 WIB
  • Bernadetha Astri Putri Nugraheni | 13.00 WIB
  • Sruni Dyah Pramesthi | 19.00 WIB

7 November

  • Kandhi Lipursari | 10.00  WIB
  • Sayang Ayu Setiani | 13.00 WIB 
  • Amrih Tuti Lestari | 15.00 WIB
  • Fitri Bima Asih | 19.00 WIB

Live Streaming kanal Youtube BALAI BUDAYA MINOMAR

Webinar 1 1 | MAWAYANG 2021 : Seminar dan Festival Wayang Kancil
Mawayang 3a | MAWAYANG 2021 : Seminar dan Festival Wayang Kancil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.