Hibah Pina Bausch Fellowship 2018 untuk Penari dan Koreografer

“It is not about art, also not about pure technique. It is about life, and therefore it is about finding a language for life.”

~ Pina Bausch

Ini bukan tentang seni, juga bukan soal teknik murni. Ini tentang kehidupan, dan oleh karenanya, ini adalah tentang menemukan bahasa baru bagi kehidupan.”

 

Menemukan bahasa untuk kehidupan–The Arts Foundation of North Rhine, Westphalia dan The Pina Bausch Foundation tengah menindaklanjuti kredo Pina Baus di atas sejak 2016 melalui program hibah pengembangan dan penghargaan “The Pina Bausch Fellowship for Dance and Choreography”.

 

SPONSORSHIP ditujukan Untuk :

  • Hibah untuk residensi jangka pendek pada lembaga tari dan koreografi yang terkemuka di luar negeri.
  • Partisipatif tidak berbayar pada sebuah grup atau penempatan bersama koreografer di dalam dan luar negeri.
  • Pembelajaran teknik tari bersama tokoh yang terkemuka baik di dalam maupun luar negeri.

 

Peraih beasiswa akan berkesempatan mendapatkan pengalaman baru dan didorong untuk mengembangkan karakteristik artistik mereka dengan bentuk-bentuk ekspresi baru. The Pina Bausch Fellowship bukanlah sebuah DANA PROYEK, dan juga tidak ditujukan untuk memproduksi satu karya baru.

Untuk tujuan itu, Anda harus mencari pihak MITRA, kepada siapa Anda tertarik untuk belajar/bekerjasama. Mitra kerjasama bisa sebuah kelompok terkemuka, koreografer, lembaga atau tokoh perseorangan dari bidang tari atau lembaga pelatihan koreografi. Rencana jadwal fellowship ini harus dipersiapkan bersama antara Anda dengan pihak mitra. Project yang dimungkinkan bisa saja kolaborasi bentuk externship (bergabung dengan sebuah program training yang sedang berjalan) bersama seorang koreografer, atau bermukim di sebuah lembaga training yang terkemuka sebagai peserta studi banding. Masing-masing pelamar harus secara mandiri menghubungi mitra pilihan mereka sendiri dan merencanakan program dan dibuktikan dengan “letter of intent“–surat pernyataan rencana kerjasama.

 

INFORMASI UMUM

Beasiswa hibah Pina Bausch Foundation bukanlah sebuah dana proyek, juga tidak ditujukan untuk membuat karya baru.

Masing-masing peserta fellowship bisa mengambil minimum tiga bulan dan maksimum 6 bulan program. Peserta mendapatkan dana bulanan sebesar 2500 Euro per bulan dan dukungan biaya satu kali perjalanan. Setiap tahun disediakan hibah untuk maksimum 4 peserta.

Fellowship ini dipromosikan secara internasional. Tidak ada batasan usia dan ditujukan bagi seniman tunggal dari bidang tari dan koreografi. Penari dan atau Koreografer bisa mengajukan sejauh memenuhi syarat personal.

 

APLIKASI LAMARAN

Batas pengajuan lamaran peserta adalah mulai 1 Juni 2017 hingga 15 September 2017 melalui website terlampir.

Syarat Lamaran :

  • Surat pernyataan motivasi (ditulis dalam BAHASA INGGRIS sepanjang maksimum 1500 karakter termasuk spasi)
  • Uraian singkat mengenai rencana program kegiatan/residensi (ditulis dalam BAHAS INGGRIS sepanjang maksimum 800 karakter termasuk spasi.)
  • Curiculum Vitae dengan format tabel (ditulis dalam BAHASA INGGRIS sepanjang maksimum 1500 karakter termasuk spasi).
  • Informasi jadwal dan durasi residensi.
  • Surat pernyataan kesepakatan kerjasama dengan pihak mitra (dalam BAHASA INGGRIS)
  • materi video :
    • Untuk Koreografer : maksimum tiga video karya pertunjukan publik.
    • Untuk Penari : maksimum dua video pertunjukan produksi artistik dan satu video pertunjukan mandiri sepanjang maksimum 5 menit.

Mohon dicatat bahwa video harus dikrimkan secara online, bisa melalui upload di website portal video dan mencantumkan link dalam lamaran. Namun kami tidak merekomendasikan video melalui YOUTUBE atau DAILYMOTION karena kemungkinan pembatasan akses di wilayah Jerman.

KETENTUAN PERSONAL

PENARI :
  • Memiliki gelar akademis di bidang tari atau minimum 2 tahun pengalaman sebagai penari profesional bersama kelompok terkemuka.
KOREOGRAFER
  • Memliki minimal satu karya mandiri yang dipentasklan secara publik dalam tiga tahun terakhir.

Untuk dapat mengikuti program fellowship ini, kemampuan berbahasa inggris dibutuhkan untuk berkomunikasi antar sesama peraih hibah dan untuk mempresentasikan rencana kegiatan, konferensi press dan presentasi publik pasca program. Urusan administrasi dan pengorganisasian seperti email, pemesanan tiket dan sebagainya juga dilakukan dalam BAHASA INGGRIS.

SELEKSI

Peraih hibah diseleksi oleh panel internasional dan akan diumumkan pada pertengahan Desember 2017. Keputusan dewan panel bersifat final dan tidak bisa digugat.

PERMULAAN DAN PENGAKHIRAN

Partisipan terpilih WAJIB mengikuti sesi pengantar yang diadakan di Wupertal, North Rheine-Westphalia, Jerman pada 24-28 Januari 2018. Pada akhir setelah program selesai, peraih hibah harus mempresentasikan hasilnya dalam kuliah umum di Wupertal pada Januari 2019.

 

Pengajuan lamaran online dan keterangan yang harus dipahami calon mitra, bisa dilihat di website berikut :

THE PINA BAUSCH FELLOWSHIP 2018

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *