fbpx

IDF 2020 ZIP.CONVERSATIONS

IDF2020.Zip yang digelar secara virtual pada 7-14 November 2020 ini tidak hanya menyuguhkan serangkaian pertunjukan dan atau performance lecture, tetapi juga ada program Conversations yang mempertemukan beberapa nara sumber menarik. Bagaimana pandemi mempengaruhi aktivitas ketubuhan, baik dari segi biologis, politis, maupun eksistensinya, akan diperbincangkan dalam zip.conversation. Program ini terbagi dalam dua sesi diskusi dengan tema yang berbeda, akan dibuka oleh pembicara kunci dari disiplinnya masing-masing, kemudian direspons oleh tiga seniman tari untuk setiap sesi. Program zip.Conversations  adalah upaya untuk melihat keterkaitan antara praktik artistik  dengan disiplin keilmuan  lain, demi mencari cara bertahan, beradaptasi, dan bernegosiasi dengan situasi 2020 ini.

Sesi 1: Presence – Where Are We Now?

IDF2020 Coverzation Speaker 1

Bagaimana memaknai ketakhadiran ini menjadi sebuah kehadiran baru? Jika representasi ketubuhan beserta pengalamannya bisa dimediasi melalui teknologi digital dengan berbagai bentuk, apakah kita masih memandang tubuh sebagai sesuatu yang dengan pengalaman sebelum kehadiran fisik tergantikan dalam ruang virtual? Bisakah seni pertunjukan memainkan lagi peran sebagai fasilitator katarsis dalam jagad maya tersebut?

BACA JUGA:  “Jejak-旅 Tabi Exchange: Wandering Asian Contemporary Performance” Yogyakarta 2018

Dalam diskusi ini kita akan mengetengahkan soal perubahan substansi kehadiran fisik dan kehadiran virtual, serta bagaimana media digital menjadi arena bermain baru dalam interaksi sosial dan kesenian kita hari ini.

Pembicara Kunci: Ayu Utami – Penulis Indonesia

Moderator: Linda Mayasari – Kurator IDF2020.zip & Rebecca Kezia – Kurator IDF2020.zip

Penanggap:

Melanie Lane – Koreografer Australia

Eko Supriyanto – Koreografer Indonesia

Kamis, 12 November 2020 Pukul 19:00 WIB
YouTube: Indonesian Dance Festival

 

Sesi 2: Resilience as Part of Our Blueprint

IDF2020 Converzation Speaker 2

Melalui percakapan ini, kita akan melihat kemungkinan hubungan spesies— khususnya manusia—dengan semesta secara lebih holistik, baik secara transendental maupun fisikal, yang telah mengilhami proses penciptaan seni dari masa ke masa.

BACA JUGA:  Audisi Penari untuk DRAGONS karya Eun Me Ahn 2020

Jika kita memutar haluan cara pandang, alih-alih melihatnya sebagai ancaman semata dan berupaya memutus keterhubungan antara manusia dengan virus, apakah ada kemungkinan untuk justru belajar dari pandemi? Demi mengungkap bagaimana sejatinya hubungan spesies manusia dengan mikroba, virus, dan alam.

Pembicara Kuci: Prof. Pratiwi Sudarmono – Profesor Mikrobiologi Indonesia

Moderator: Arco Renz – Kurator IDF2020.Zip & Nia Agustina – Kurator IDF2020zip

Penanggap: 

Olé Khamchanla – Koreografer Laos

Josh Marcy – Koreografer Indonesia

Gisèle Vienne – Koreografer Prancis

Jumat, 13 November 2020 Pukul 19:00 WIB
YouTube: Indonesian Dance Festival

 

Pastikan Anda sudah melakukan registrasi untuk mendapat link youtube tersebut melalui link registrasi di :

indonesiandancefestival.id
loket.com
GoTix

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *