fbpx

PESTA BONEKA #8 DAN INGATAN-INGATAN ATAS PERJUMPAAN

[JOGJA]. Pesta Boneka ke-8 akan segera digelar Oktober ini. Pesta Boneka adalah festival teater boneka berskala Internasional yang diadakan secara independen oleh Papermoon Puppet Theatre sejak tahun 2008. Festival yang diadakan per dua tahun ini menjadi ruang berkumpulnya seniman dan para pecinta teater boneka dari berbagai belahan dunia.

Di perhelatan yang ke-8 kali ini, Pesta Boneka hadir secara istimewa dalam tiga format program; daring, luring dan hybrid, dan diikuti oleh 35 kelompok dan individu seniman dari 18 negara!

SEJARAH PESTA BONEKA

Mengingat Indonesia, terutama Yogyakarta memiliki sejarah besar di dunia wayang, yang menjadikan Indonesia sebagai kiblat internasional dunia seni teater boneka mancanegara di bidang shadow theatre, Papermoon Puppet Theatre kemudian menebalkan posisi seni teater boneka Indonesia di mata dunia, salah satunya dengan penyelenggaraan PESTA BONEKA ini.

Selama 14 tahun terakhir menyelenggarakan festival, PESTA BONEKA selalu memilih lokasi yang beragam, mulai dari ruang teater sampai ke desa.

Pada tahun ini program luring PESTA BONEKA #8 akan diadakan secara terpusat di Kampoeng Media Resort Yogyakarta. Segala aktivitas dan acara festival akan menjadi satu di mana penonton dan juga seniman dapat berbagi momen perjumpaan ini di tempat yang sama.

In Pesta Boneka, I witnessed the world and the local meet organically in an artist-initiated festival. I’d witnessed emotion and mind in inanimate material, the puppet. Papermoon, on the other hand, is a great host, offering both experience and passion in equal measures. The realization of the festival seemed like a magical or miraculous event which I hadn’t seen before.

(Kanade yagi, Japan)

TENTANG PESTA BONEKA #8

Tema PESTA BONEKA tahun ini adalah “REMEMBRANCE” atau INGATAN. Tema ini dipilih untuk membingkai karya-karya yang akan disajikan, berkenaan dengan cerita dari setiap seniman mengenai ruang, waktu, perjumpaan-perjumpaan, pengetahuan, dan refleksi yang bisa mereka bagikan kepada publik.

BACA JUGA:  Jam Tua Pak Yohan di Dinding Keempat dalam "D>S/S>D : Invisible Costs".

Adapun Program PESTA BONEKA#8 tahun ini adalah:

1.    Program daring (ONLINE PROGRAM)

3-5 Oktober 2022

Pementasan dan wicara seniman akan dilakukan melalui zoom dan website www.pestaboneka.com, dan bisa diikuti oleh siapapun dari mana saja. Program ini akan menampilkan:

Krystal Puppet Theatre (Kenya), Cia. Olveira Salcedo (Spanyol) Téspis Cia. de Teatro (Brazil) Verdandi Theatre (Kanada) Theatre “Privet!” (Rusia) Katanari (Slovakia)

Fallada Puppetworks (Kanada) Natalia Sakowicz (Polandia) Nina Vogel (Brazil)

Zero en Conducta (Spanyol)

2.    Program Hybrid

5 Oktober 2022

Sebuah pementasan bertajuk “GAUNG, The Meandering Room” oleh Automne 2085 (Prancis) akan digelar dari Paris, dan akan disiarkan secara langsung di Auditorium IFI Yogyakarta.

Karya ini didukung oleh Indonesien Francais Institute Yogyakarta.

3.    Program luring (OFFLINE PROGRAM)

6-9 Oktober 2022

Serangkaian pertunjukan dan workshop akan digelar secara langsung di Kampung Media Resort. Adapun para seniman yang terlibat adalah:

Titeres La Rosa (Chile) Waktunya Main (Indonesia) Puppetomime (Thailand) Puppetaria (Indonesia) Sekat Studio (Indonesia)

Five Stones Theater (Singapore) Bon Puppet (Indonesia)

Michelle S. Turberfield (Singapore) Krystal Lay (Singapore)

Super Funky Artists (Indonesia) Theater Djempol (The Netherlands) Divadlo Houze (Slovakia)

Teater Dongeng-Boneka AyoDI (Indonesia) Bright Ong & Hui Xhan (Singapore)

Miniature puppet theater MOŽ! (Slovenia/Austria) Hā (Hawaii/Vietnam/Korea)

Krystal Lay, Myra Loke and Stan (Singapore) Kacak Kicak Puppet Theatre (Indonesia) Flying Balloons Puppet (Indonesia)

TYA-BAbel Project (TYA artists) Kahanane Project (Indonesia) Ta Lent Show (Thailand)

Margarita Blush Productions (USA)

Pengunjung festival akan dapat menikmati berbagai sajian pertunjukan dari seniman individu dan grup dari 18 negara. Setiap pertunjukan yang dilakukan oleh seniman akan diikuti oleh sesi bincang-bincang dengan penonton. Beberapa seniman juga memfasilitasi lokakarya yang bisa diikuti oleh teman-teman. Salah satu hal baru yang dihadirkan tahun ini adalah adanya tempat khusus bagi penonton anak yaitu Theatre for Young Audience (TYA) Space yang menjadi kolaborasi PESTA BONEKA dengan Gulali Forum (yang berisi seniman-seniman dari berbagai daerah di Indonesia) dengan nama Kampung Babel yang didukung oleh European Project “Babel or the Art of Listening”. Seperti perhelatan sebelumnya, art & craft bazaar juga akan diramaikan oleh pengrajin dan bisnis lokal.

BACA JUGA:  Sajian Imaji Kebudayaan Anak-anak Zaman Now

PESTA BONEKA #8 akan menjadi perjumpaan kembali para seniman dan penikmat seni teater boneka setelah sempat selama hampir 3 tahun belakangan ini terhalang akibat pandemi COVID19.  Perjumpaan ini akan menjadi momen menggembirakan untuk merayakan bangkitnya seni pertunjukan pasca pandemi.

TANTANGAN PESTA BONEKA #8

Membuat festival teater boneka berskala Internasional pasca pandemi tentu bukan perihal mudah bagi tim Papermoon Puppet Theatre. Meskipun para calon seniman sudah dipilih dan melalui proses pendaftaran terbuka, kali ini susunan pengisi acara banyak mengalami penyesuaian. Beberapa seniman yang sebelumnya akan mengisi acara luring   di Yogyakarta merubah penayangan karyanya ke program luring PESTA BONEKA dikarenakan terbatasnya sumber daya dan kondisi saat ini.

Info lebih lanjut mengenai festival ini silahkan mengunjungi sosial media di instagram Pesta Boneka atau langsung mengunjungi www.pestaboneka.com

PESTA BONEKA#8; “Remembrancekali ini didukung penuh oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Pariwisata Sleman, Erasmus Huis,  IFI Yogyakarta, The  U.S Embassy and Consulate in Indonesia, dan European Project “Babel or the Art of Listening”.

PESTA BONEKA#8: “Remembrance”

3-9 Oktober 2022

simak jadwal lengkap di SINI, atau kunjungi website : www.pestaboneka.com