MAWAYANG 2019

Map Unavailable

Date/Time
Date(s) - 07-11-2019 - 08-11-2019
All Day

Location
Balai Budaya Minomartani

Categories


Mawayang 2019 adalah serangkaian acara untuk dan karena merayakan Hari Wayang Nasional/ Hari Wayang Dunia. Mawayang diselenggarakan oleh Balai Budaya Minomartani bersama Sekolah Vokasi UGM.Berikut adalah rangkaian kegiatan dalam MAWAYANG 2019.

1. PAMERAN KAYON karya Utoro Widayanto

Pameran Kayon MAwayang 2019

Utoro Widayanto adalah seorang dalang muda dari Sleman. Ia telah mengenal wayang sejak kecil dari ayahnya yang seorang dalang. Hobi Utoro ini terus terasah hingga dewasa dan kemudian mendirikan kelompok karawitan KECUBUNG SAKTI untuk mengiringi ia mendalang. Selain mendalang, Utoro juga gemar melukis terutama melukis wayang. Beberapa waktu terakhir ia gemar melukis pada media Kayon wayang. Dalam satu kayon ia bisa bercerita atau menyampaikan sesuatu.
PAMERAN KAYON ini dibuka 7 November pukul 10.00 hingga 8 November oukul 23.00 WIB di Balai Budaya Minomartani.

 

2. INTERNATIONAL SEMINAR on WAYANG FABEL.

Seminar international ini membahas tema utama Wayang Fabel atau wayang yang menggunakan kisah-kisah binatang sebagai media edukasi. Di Indonesia ada Wayang Kancil, yaitu wayang kulit dengan cerita dunia binatang dan tokoh utama seekor kancil yang cerdik. Seminar ini akan menghadirkan 5 pembicara yaitu;

  • Dr. Eddy Pursubaryanto (Balai Budaya Minomartani)
  • Dr. Endang Soelistyowati (Departemen Bahasa, Seni dan Manajemen Budaya, Sekolah Vokasi UGM)
  • Prof. Hedi Hinzler (Leiden University)
  • Dr. Miguel Escobar (National University of Singapore)
  • Ms. Yuri Nishida (Osaka, Japan)

Acara ini akan berlangsung di Gedung Perpustakaan Lt 1 Sekolah Vokasi Universitas Gadjah MAda pada 8 November 2019 jam 08.00 – 12.00
Untuk informasi pendaftaran secara online melalui https://bit.ly/FabelNusantara

 

Seminar Mawayang 2019

3. PARADE PERGELARAN WAYANG

MAWAYANG 2019 juga menggelar parade pergelaran wayang selama 2 hari pada 7-8 November di Balai Budaya Minomartani. Pergelaran ini menghadirkan 15 komunitas karawitan dan pedalangan dengan total 19 pertunjukan. Acara ini terbuka dan gratis. Silakan simak jadwal di gambar berikut ini.

Pergelaran Mawayang 2019

Jadwal Pergelaran

ACARA ini diselenggarakan Balai Budaya Minomartani bekerjasama dengan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada dan didukung oleh KOMINO; Shivamanohari School of Performing Arts, Canada; Studio Audio Visual PUSKAT; Persewaan tenda GILANG; Radio komunitas BBM FM dan Gelaran.id.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *