Human – Hujan Hijau Dance Lab | Jagongan Wagen

Map Unavailable

Date/Time
Date(s) - 14-12-2018
7:30 pm - 9:00 pm

Location
Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

Categories


Jagongan Wagen edisi Desember 2018, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) menghadirkan pertunjukan karya peraih ke-4 Hibah Seni PSBK 2018, Hujan Hijau Dance-Lab, sebuah komunitas tari interdisiplin dan interkultural yang berkonsentrasi pada riset tentang budaya nusantara, berjudul Human? Didirikan oleh Kiki Rahmatika pada 7 Mei 2015 di Lampung, Hujan Hijau Dance-Lab aktif di berbagai konferensi Internasional, seperti International Conference Asia Pacific of Art Studies (ICAPAS), International Conference Performing Arts (ICPA), International Conference on New Findings On – Humanity and Social Sciences (Belgia,  Belanda dan Perancis). Kiki Rahmatika sebagai seniman penggagas karya ini aktif berkarya, memberi workshop, meneliti, dan menulis, serta dua tahun belakangan ini aktif sebagai artistic director di Hujan Hijau Dance-Lab. Beberapa koreografinya telah dipentaskan di Asia Tri, JISP, dan Artjog.

Karya tari ini mengangkat fenomena fitnah dan pembunuhan karakter terhadap pendidikan yang terjadi akhir-akhir ini. Padahal pendidikan memberikan banyak ruang agar kita dapat menjadi manusia dan memanusiakan manusia. Akan tetapi kaum terdidik sendiri kadang melakukan hal melenceng dan dengan sengaja menggunakan kemampuannya untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang justru tidak meninggikan harkat kemanusiaan.

Human? mencoba memaparkan beberapa perjalanan penelitian dari Hujan Hijau Dance-Lab tentang praktik pendidikan di beberapa bagian daerah, seperti di Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan. Memberi ruang untuk kembali memaknai pendidikan sebagai praktik yang memanusiakan peserta didik dan pendidik, yang selama ini tidak jarang telah ditempeli praktik komoditi.

“Karya ini merupakan presentasi terakhir dari peraih Hibah Seni PSBK program 2018. Setelah tiga sebelumnya yang berasal dari Jember, Jakarta, dan Padang Panjang, harapan ke depan akan memberi stimulus bagi seniman muda berikutnya yang ingin mengembangkan karyanya baik secara gagasan maupun produksi dalam ruang-ruang belajar yang ada di PSBK,” ungkap Teguh Hari, penanggung jawab program.

Pertunjukan akan berlangsung pada Jumat, 14 Desember 2018, pukul 19.30 WIB, di PSBK. Informasi terbaru mengenai proses Jagongan Wagen bisa diakses melalui akun-akun media sosial PSBK.

Acara ini terselenggara dengan dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation

 **************************************

 Jagongan Wagen (JW)

Platform presentasi karya pertunjukan, difasilitasi dan diselenggarakan setiap bulan kecuali Januari dan Ramadhan. Ruang ini menyediakan dialog antar seniman dan penonton melalui pementasan.

Hibah Seni PSBK adalah fasilitasi seniman Indonesia untuk mempresentasikan karya pertunjukan terbarunya secara perdana di platform Jagongan Wagen di PSBK, dengan dukungan kuratorial, produksi, dan dokumentasi, sebagai upaya membagi gagasannya kepada publik.

 Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)

Melanjutkan spirit Bagong Kussudiardja sebagai art centre, PSBK mempunyai misi mendukung proses pelestarian budaya masyarakat Indonesia melalui pendampingan praktik seni sebagai bagian penting proses pembelajaran.

 

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404

Whatsapp : +62 82141416252

Email: info@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id

Facebook: psbkjogja

Twitter & Instagram: @psbk_jogja

Youtube: media psbk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *