OPEN CALL : RESIDENSI SENIMAN INDONESIA ke LONDON

Atas dukungan dari IndoArtNow dan SAM Fund for Arts & Ecology, Delfina Foundation (DF) menawarkan residensi 3 bulan untuk seniman Indonesia. Waktu residensi adalah pada musim semi 2018 bertepatan dengan program tematik kami, Performance as Process. Untuk itu kami mencari pelamar dari kalangan seniman yang tertarik dalam mengeksplorasi tema ini. Jadwal pasti program ini akan disampaikan menyusul. Namun, biasanya program musim semi Delfina Foundation berkisar antara awal April sampai Juni akhir.

Performance as Process

Sejak 2014, program tematik menjadi andalan program residensi publik DF. Selama masing-masing program tematik, DF mengawal diskursus kritis tentang seni dan kemasyarakatan melalui seminar publik, screening, pertunjukan, acara jamuan makan, pameran, dan banyak acara lain. Hal terpentingnya, DF membuat acara-acara internal dan workshop untuk partisipan bagi penonton khusus.

Pada pengulangan pertama tema Performance as Process di musim dingin 2015, kami membawa 12 partisipan, dari mulai koreografer hingga kurator untuk mengeskplor secara luas, bagaimana “performance”–dari mulai rutinitas harian sampai protes massa bahkan ritual agama–memainkan peran yang melekat pada produksi kebudayaan.

Pada tahap kedua dari Performance as Process di musim semi 2016, tema “penerjemahan melalui koreografi dan bahasa” dimasukkan pada praktik dari banyak partisipan. Seniman yang diundang mempertimbangkan bagaimana mengartikulasikan ulang obyek, suara, teks, gerak, budaya, dan lingkungan melalui pertunjukan dapat memproduksi subyektivitas baru.

DF kini mencari pelamar untuk tahap ketiga dari program ini di musim semi 2018 nanti. Pelamar perlu mencatat bahwa DF mempertimbangkan pertunjukan sebagai suatu cara mendekati dan memahami dunia sebagaimana ini adalah medium memproduksi seni dan atau memikat publik. Palamar tidak perlu menjadi “seniman pertunjukan” atau bekerja dengan pementasan, namun program ini lebih mengeksplor performativitas melalui praktik artistik dan bagaimana karya seni diterima atau dirasakan. Peserta residensi akan diundang untuk meneliti, membuat karya baru, bertemu dan berkolaborasi, berbagi ketrampilan, dan atau berrefleksi pada aspek performatif dari karya mereka, yang mana–sebagaimana dijelaskan diatas–bisa berkisar dari seni rupa hingga seni pentas.

Dengan membuat lingkungan yang terfokus, DF bermaksud memfasilitasi pertukaran kolaboratif dalam melahirkan gagasan dan proyek baru. Selama residensi, DF akan mendukung dialog antar peserta melalui serangkaian pertemuan informal dan jamuan makan, termasuk kunjungan lembaga dan peluang untuk saling terlibat antara seniman, akademisi dan peneliti yang tertarik pada fokus tema. Acara internal ini akan disempurnakan dengan program publik eksternal meliputi bincang-bincang, screening, makan malam, diskusi panel presentasi karya, gagasan dan pertukaran di tempat.

DF menyarankan pelamar menyimak proyek-proyek dari program sebelumnya dan karya-karya dari peserta residensi terdahulu untuk menemukan kesan dan gambaran seluas apakah eksplorasi tema mereka. Klik Di Sini

Seniman yang lolos seleksi akan mendapatkan :

  • Residensi selama 12 minggu di London, termasuk satu tiket pulang kelas ekonomi dan biaya hidup meliputi perdiem dan kebutuhan material harian.
  • Satu kamar single bed di DF, dalam satu rumah bersama dengan beberapa fasilitas bersama seperti ruang loundry, dapur dan ruang makan.
  • Peluang untuk bisa terlibat dalam geliat seni di Inggris dalam waktu dan aktivitas lain tertentu.
  • Akses ke program aktivitas kelompok yang direncanakan dan kunjungan ke organisasi seni budaya di Inggris.

**Mohon dicatat bahwa seniman duet atau kolektif tidak bisa diterima karena kami hanya menyediakan untuk seniman tunggal. Demikian juga, seniman tidak diperkenankan membawa pasangan atau keluarga ke program residensi. Kunjungan singkat mungkin bisa diakomodasi.

SYARAT :

  • Warga Negara Indonesia, saat ini tinggal dan berkarya di Indonesia.
  • Tertarik untuk melibatkan diri dalam program tematik.
  • Sedang mencari peluang untuk membangun praktik dan konsep karyanya.
  • Mampu menjelaskan bagaimana pengalaman residensi internasional dapat memberikan keuntungan dalam membangun karir dan jaringan lokalnya.
  • Mahir berbahasa Inggris

PROSES LAMARAN

Pelamar diminta mengirimkan

  • Formulir yang telah diisi
  • CV yang memuat detil proyek karya, pameran, workshop atau residensi terakhir yang dijalani.
  • Minimal 10 foto beresolusi bagus yang menunjukkan proyek karya, penelitian, atau pameran sebelumnya. Dapat juga memuat proposal yang belum terealisasi. Untuk video atau film, mohon menyertakan link video internet, website atau link pada Video, Youtube dan sebagainya.

Kirimkan formulir dan lampiran melalui EMAIL ke  :
opencall@delfinafoundation.com

Batas akhir lamaran :  1 September 2017

Palamar yang lolos seleksi akan diundang untuk telewawancara melalui SKYPE pada September 2017 dan pengumuman akhir akan diberikan pada Oktober 2017.

sumber asli dan tautan formulir  : KLIK DI SINI

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *