Hibah Seni Untuk Perempuan

Cipta Media Ekspresi merupakan hibah untuk perempuan pelaku kebudayaan di segala bidang seni. Hibah dapat digunakan untuk membuat, mengkaji, melakukan perjalanan serta membantu perempuan mencipta atau menampilkan karya.

Karya dalam hibah Cipta Media Ekspresi dapat berupa karya ciptaan asli, kajian, pemilihan benda-benda untuk dipamerkan atau diarsipkan dengan maksud mempertunjukkan atau berbagi.

Jumlah total dana hibah Cipta Media Ekspresi adalah 3,5 milyar rupiah bagi proyek yang dapat diselesaikan sebelum 28 Februari 2019.

 

Latar Belakang

Cipta Media Ekspresi diadakan untuk mendukung karya perempuan dan menyebarkan pikiran-pikiran mereka untuk memperkaya masyarakat.

Coba pikirkan, berapa nama perempuan dan karyanya yang bisa Anda sebutkan dengan baik? Apakah jumlah mereka sebanding dengan rekannya yang lelaki?

Sekarang, ingat-ingat berapa jumlah perempuan yang bisa Anda lihat memasak, menenun, menari, main musik, bikin film atau bercerita. Barangkali mereka melakukannya sambil mengasuh anak?

Ataukah mereka mesti berhenti menghasilkan masakan, kain, film dan ceritanya waktu mereka menikah dan mengasuh anak?

Pernahkah Anda pergi ke pameran atau menonton pertunjukan dan melihat perbedaan jumlah mencolok antara pencipta dan pemirsa perempuan dengan yang lelaki?

Adakah teman atau kenalan perempuan Anda yang tidak bisa lagi datang ke acara budaya karena harus mengurus keluarga? Atau, lebih mendasar lagi, apakah Anda atau kenalan Anda tidak bisa mencipta atau menikmati acara kebudayaan sebagai perempuan?

Kalau Anda menjawab ‘Ya’ pada semua atau sebagian besar pertanyaan di atas dan ingin mengubah keadaan ini, maka hibah Cipta Media Ekspresi tepat untuk Anda. Banyak perempuan yang dihalangi berkarya karena jenis kelaminnya. Banyak juga yang terhambat karena harus menggunakan waktunya untuk mengurus anak atau keluarga.

Ada juga perempuan yang perlu mengembangkan gagasannya dengan membuat ruang bertemu sesama seniman dan bertukar pikiran sembari mengasuh anak, atau pengaturan jam pertunjukan dan pameran yang lebih cocok dengan waktu mengurus keluarga. Kesulitan-kesulitan seperti ini nyata terjadi, namun jarang disikapi.

Banyak orang bilang bahwa mengurus keluarga adalah kodrat dan tugas utama perempuan, karena itu keinginan lain, misalnya bekerja atau berkarya harus ditinggalkan. Karena itu riwayat penciptaan seorang perempuan bisa saja putus-putus atau jarang-jarang.

Ada juga para perempuan yang selama ini sudah aktif berkarya dengan ilham dan bahan yang ada di sekelilingnya. Lingkungan kesehariannya di ruang asuh anak, dapur, kebun dan lain-lain memberinya inspirasi yang berbeda dari rekan-rekannya yang lelaki. Hasil karya yang berbeda ini tidak selalu diakui dan dihargai dalam dunia profesional seni budaya, meskipun sebetulnya ciptaan dan kemampuannya akan semakin memperkaya peradaban.

Selain hambatan penciptaan, perempuan juga masih sedikit yang bisa melakukan kolaborasi dan perjalanan untuk memperkaya wawasan atau memperkenalkan karyanya kepada para perempuan dan komunitas yang lain. Hibah Cipta Media Ekspresi ini diadakan khusus untuk menyikapi persoalan yang menghambat penciptaan perempuan serta memberikan pengakuan atas pengetahuan dan keahliannya.

KATEGORI
Akses

Akses adalah pembuka jalan, kategori akses adalah hibah untuk seluruh permintaan (proyek) untuk alat produksi maupun proses pendukung. Setelah jalan dibuka, akses perempuan terhadap proses mencipta atau ikut serta dalam kegiatan seni budaya menjadi ada.

Contoh untuk kategori ini misalnya (tapi tidak terbatas pada):

  • pengadaan alat atau ruang berkarya yang selama ini terbatas aksesnya bagi perempuan.
  • pengadaan dukungan untuk kegiatan mengurus anak atau keluarga (seperti tempat pengasuhan anak selama berkarya, latihan atau pertunjukan)
  • dukungan bagi kurator atau penyelenggara acara yang ingin menciptakan kesempatan menonton pertunjukan atau pameran dalam waktu yang ramah perempua, keluarga dan anak
Perjalanan

Biaya perjalanan Anda menjadi sebagian besar pengeluaran untuk berkarya? Kategori ini diikhususkan pada perjalanan di dalam Indonesia dan mendahulukan proyek-proyek yang memiliki komponen lintas-budaya yang kuat. Permintaan hibah pada kategori ini meliputi perjalanan untuk mencipta atau menampilkan karya di tempat-tempat yang biasanya tidak dapat atau sulit dijangkau oleh para perempuan pelaku kebudayaan.

Contoh untuk kategori ini misalnya (tapi tidak terbatas pada):

  • perjalanan untuk melakukan kajian khusus mengenai budaya di luar tempat tinggal pelaku kebudayaan perempuan sebagai materi berkarya.
  • perjalanan untuk membuat pameran atau pertunjukan di luar tempat tinggal atau tempat yang biasa dikunjungi oleh pelaku kebudayaan perempuan.
  • perjalanan menghadiri acara atau kegiatan seni budaya.
Kerjasama/ Kolaborasi

Kerjasama adalah nama tengah Anda? Pemohon hibah kategori untuk seluruh proyek yang memiliki sifat kolaboratif yang kuat dan mendahulukan kerjasama/ kolaborasi lintas bidang, praktik seni komunal/kolektif atau kolaborasi dengan/di komunitas yang bukan seniman. Elemen kolaboratif cakupannya sangat luas, bisa jadi kolaborasi yang Anda inginkan tidak termasuk contoh yang diberikan, maka kami persilahkan Anda mengajukan praktek kolaborasi seni Anda dan menjadi contoh yang baru.

Contoh untuk kategori ini misalnya (tapi tidak terbatas pada):

  • kerjasama antara pembuat kriya (produk kerajinan) atau pemasak dengan penulis/juru foto/pembuat film untuk menyebarkan pengetahuan tentang kriya atau masakan
  • kerjasama antara pemusik, musikolog dan komunitas perempuan lintas agama menciptakan suatu karya musik atau acara bersama
  • kerjasama antara kurator, dokter/bidan dan seniman untuk mencipta atau mengumpulkan pengetahuan tentang kesehatan perempuan
Lintas Generasi

Kategori ini diperuntukkan bagi permohonan dana hibah dengan kandungan lintas-generasi yang kua. Termasuk didalamnya (tapi tidak terbatas pada) adalah karya seni/budaya atau kajian yang didasarkan pada pengalaman, tradisi atau praktik-praktik perempuan yang telah berlangsung selama beberapa generasi atau lintas zaman, dapat memiliki komponen kesejarahan yang kuat atau bisa merupakan karya cipta bersama seniman tua dan muda yang dilakukan pada saat ini.

Contoh untuk kategori ini misalnya (tapi tidak terbatas pada):

  • kerjasama mengadakan pertunjukan kolaborasi antara seniman/pelaku kebudayaan perempuan dari generasi yang berlainan
  • kerjasama antara seniman atau pelaku kebudayaan untuk mengumpulkan benda-benda bersejarah dari kehidupan perempuan dan membuat pameran serta menerbitkan catatan mengenainya
  • kerjasama antara jurnalis, peneliti, perupa, penulis melacak jejak penciptaan perempuan dari generasi yang lalu
Riset/ Kajian/ Kuratorial

Untuk permohonan hibah dengan tujuan riset/ kajian. Termasuk didalamnya adalah (tapi tidak terbatas pada) riset mengenai praktik kebudayaan perempuan, riset untuk mencari/mengenali medium/cara berkarya yang baru atau untuk membuat kuratorial pameran/pertunjukan. Prioritas kategori ini terletak pada proyek yang menawarkan kajian/riset baru dan memajukan pengetahuan mengenai praktik kebudayaan perempuan.

Contoh untuk kategori ini misalnya (tapi tidak terbatas pada):

  • proyek mengumpulkan pengetahuan dan memamerkan motif tenun karya perempuan di wilayah-wilayah di Indonesia beserta kisahnya
  • proyek kajian mengumpulkan cerita pengalaman tentang media atau ruang produksi untuk pelaku kebudayaan perempuan dari generasi ke generasi
  • proyek membantu perempuan pemasak keluarga atau perajut mendokumentasikan proses maupun karyanya dan membagikan hasilnya kepada masyarakat luas
Catatan mengenai kategori:

Kami sadar akan adanya kemungkinan kategori yang saling tumpang-tindih. Para pendaftar diajak untuk memilik kategori yang paling cocok dengan proyek mereka, dan tidak terlalu khawatir mengenai kemungkinan kategori yang keliru. Setiap kategori adalah setara, tidak ada yang mendapat prioritas lebih tinggi dibandingkan yang lain dan juri akan memastikan supaya tiap kategori terwakili dengan selayaknya.

PERTANYAAN UMUM

Siapa yang boleh ikut serta?

Hibah untuk siapa saja yang mengaku perempuan dan berusia di atas 18 tahun (pada 21 April 2018).
Kesempatan dibuka baik bagi yang berkewarganegaraan Indonesia ataupun bukan. Peserta yang bukan warga negara Indonesia harus memenuhi syarat sudah bekerja aktif di kalangan kebudayaan di Indonesia selama paling tidak lima tahun.

Berapa jumlah paling tinggi atau paling rendah yang boleh saya minta?

Jumlah total untuk seluruh permohonan hibah adalah Rp 3,5 milyar. Juri tidak menentukan jumlah rendah/ tinggi per proyek. Rancanga anggaran proyek Anda sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda menyelesaikannya sebelum 28 Februari 2019.

Apakah ada batas waktu lamanya proyek?

Ya, proyek harus selesai pada tanggal 28 Februari 2019, dana yang tidak digunakan harus dikembalikan.

BAGAIMANA MENDAFTAR

Pendaftaran dibuka Januari – Februari 2018 dan Pengumuman Peraih Hibah pada April 2018.
Pantau info lengkap www.ciptamedia.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *