5 Cara Sederhana Mendukung Gelaran.Id

Tahukah Anda, website gelaran.id ini diluncurkan dengan niat yang luhur, yakni membantu memeriahkan suasana kreatif di ranah seni pertunjukan di Indonesia (dan insyaAllah Asia Tenggara) dengan cara memberikan ruang publikasi bagi tulisan-tulisan berupa artikel seni pertunjukan atau review sebuah karya pertunjukan. Hal tersebut tentu saja tidak hanya “luhur” tetapi juga penting bagi perkembangan seni pertunjukan di Indonesia dan kawasan Nusantara alias Asia Tenggara.

Selain mengandalkan kegigihan tim sendiri, gelaran.id juga sangat terbantu oleh uluran tangan Anda. Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk mendukung seni pertunjukan Asia Tenggara melalui gelaran.id:

1. Mengirimkan Tulisan Tanpa Berharap Imbalan

Anda dapat mempublikasikan pikiran dan pengetahuan Anda dalam bentuk tulisan melalui website ini. Anda bisa menulis artikel sejarah teater atau tari, berbagi ide-ide seputar seni pertunjukan, atau menulis review dari pertunjukan yang baru saja Anda tonton di manapun di wilayah Asia Tenggara dan mengirimkan kepada kami melalui email ke jogjateater@gmail.com. Tapi ingat, ungkapan jawa yang berbunyi “lemah teles” yang artinya Gusti Allah sing mbales (Tuhan yang akan membalas kebajikan Anda, semoga.)

2. Menyumbangkan Dana

Di bagian footer website ini, ada kami tulis bahwa website ini diberdayakan oleh Adisukma Inisiatif. Itu adalah nama program berbuat bagi seni pertunjukan yang dijalankan secara pribadi oleh Didik Adi Sukmoko, (tuh namanya mirip kan?), seorang penyuka seni yang tinggal di Yogyakarta. Adisukma Inisiatif membiayai pembuatan dan perawatan website ini. Ya, website ini tetap harus membayar domain dan hosting setiap tahun karena pemilik servernya bukanlah kakek atau nenek dari mas Didik. Anda bisa berkontribusi menyumbang dana untuk membantu kami dengan mentransfer dana sukarela ke rekening bank BPD DIY no rek. 006 211 042 508 an Didik Adi Sukmoko. Tenang, rekening tersebut memang dikhususkan untuk menyimpan dana (kalau ada) bagi program Adisukma Inisiatif. Program itu juga membiayai kegiatan lain seperti Paradance Festival, Folkamartani dan beberapa dukungan insidental lainnya.

3. Mengklik Iklan

Di halaman website ini, kami memasang link iklan google. Jika ada orang yang mengklik iklan tersebut, maka kami akan mendapatkan poin dana yang jika terakumulasi dengan jumlah tertentu akan bisa dicairkan. Jadi, dengan mengklik link iklan di website ini, Anda telah membantu kami mendapatkan sepeser dua peser dana untuk Adisukma Inisiatif yang digunakan salah satunya untuk mempertahankan website ini.

4. Menerbitkan Buku di Penerbit Garudhawaca.

Yup, jangan hairan. Bos kita Didik Adi Sukmoko, atau yang dalam pergaulan sering memakai nama samaran ala pendekar dengan nama “Ahmad Jalidu” itu, juga memiliki usaha swasta berstatus Usaha Mikro, Kecil dan Menengah alias UMKM berupa sebuah penerbit buku indie, namanya Penerbit Garudhawaca. Jika ada penulis yang menerbitkan buku di Penerbit Garudhawaca, maka penerbit tersebut akan meminta sang penulis untuk memberikan donasi sukarela kepada program Adisukma Inisiatif. Berapapun jumlahnya boleh, tapi harus berdonasi. Ya, inilah yang disebut “bebas tapi harus”. Dana donasi inilah yang selama ini menjadi tumpuan dan harapan Adisukma Inisiatif hingga bisa terus menyelenggarakan Paradance Festival, dan menjalankan website ini.

5. Membaca dan Mebagikan Konten gelaran.id

Sebel nggak sih kalo udah repot-repot menulis dan tidak ada yang baca? Sebel dong pastinya. Makanya untuk membantu mempertahankan semangat para penulis, rajin-rajinlah mengakses dan membaca konten website ini dan membagikannya di media sosial Anda. Boleh juga menulis komentar di bawah post meski cumak bilang “cemungud kakak…”. Oh ya, kami juga membuka akun instagram @gelaran.id yang kami gunakan untuk mendukung berbagai info acara dan pertunjukan di Indonesia. Follow ea…

Nah, itulah lima cara sederhana mendukung keberlangsungan website gelaran.id dan secara tidak langsung mendukung suasana kreatif seni pertunjukan di Asia Tenggara. Salam ASEAN!!!

%d blogger menyukai ini: